Minggu, 05 Agustus 2018

Bintang Membeli Hape Sendiri

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada temen-temen di klub menulis Shafa yang berkat rules di dalamnya, akhirnya mendorong saya untuk menulis lagi.

Seminggu belakangan ini sebenarnya saya udah kepikiran untuk menuliskan tapik tulisan tertentu.

Namun, baru saja terjadi satu hal yang membuat saya membelot dari pikiran awal.

Dan pembelotan ini dipicu dari kekaguman saya pada satu anak, namanya Bintang.

Kerja Bakti Persiapan Idul Qurban


Ada satu sebab tertentu saya ketemu Bintang, yaitu kegiatan kerja bakti panitia idul qurban di masjid saya.

Kebetulan pada tahun ini akhirnya saya kebagian giliran ditunjuk menjadi ketua panitia idul qurban.

Hari semakin dekat ke hari H.

Saya yang sebelumnya tidak pernah jadi ketua panitia kegiatan di masjid, pelan-pelan mendapatkan gambaran apa saja yang harus saya lakukan.

Memimpin kepanitian kegiatan di masjid yang ada di masyarakat tentu berbeda dengan memimpin kepanitiaan atau organisasi di kampus.

Ada kearifan lokal yang perlu dikedepankan.

Kita boleh saja punya ilmu, tapi apakah kita punya ngelmu?

Dalam salah satu sesi obrolan, bapak lurah di tempat saya pernah berpesan "dik, mimpin di masyarakat itu gak cukup pakai ilmu, kalo kata orang jawa, mimpin warga itu kudu juga pakai ngelmu"

"kalau pakai ilmu, pengambilan keputusan bisa terstandardisasi, namun di masyarakat kadang perlu juga lihat situasi". Begitu kurang lebih pesan pak Lurah kepada saya dan pak Mardi.

Dan terkait kerja bakti pada ahad ini, ternyata juga demikian. Biasanya, kerja bakti persiapan idul qurban dilaksanakan dekat-dekat dengan hari H.

Namun, ternyata dari sekretaris kepanitiaan saya, yang kontribusi di kegiatan masjid terbilang cukup tinggi, meminta agar ahad ini ada kerja bakti.

Padahal, PIC dari kegiatan beberes masjid dan juga marbot masjid, hari ini ada kegiatan lain di luar.

Menurut dia, sebenarnya bisa kerja bakti nya nanti saja ketika dekat hari H. Kalau dipaksa sekarang, nanti kesannya dia tidak bertanggung jawab. 

Nah, disini saya lihat benar kata pak Lurah dan sejumlah senior, kalau ada perbedaan pendapat seperti ini, kudu dianukan demikian dengan ngelmu.

Ngelmu kaya apa sih, ngelmu komunikasi.

Orang mah sebenarnya kalau di ajak ngobrol langsung, tatap muka, terbuka, rata-rata bakal nerima keputusan kok. Dan biasanya akan selalu nemu tuh jalan tengah.

Alhamdulillah, dengan berkomunikasi secara benar, nemu jalan tengahnya, yaitu dengan,

1. gak perlu di halo-halo di speaker masjid buat ada kerja bakti;

2. masjid ditungguin buat dikomunikasiin ke orang-orang yang kadung tau ada kerja bakti;

3. lakukan kegiatan kerja bakti yang skalanya ringan yang bisa di eksekusi dengan sejumlah orang, yang tadi akhirnya dilakukan adalah bebersih tempat wudhu masjid.


Skuad awal

Bebersih tempat wudhu

Ngeletin tembok masjid yang bebekas

 

Ketemu Bintang


Singkat cerita, sekitar 8-10 orang akhirnya datang dan melakukan bersih-bersih di masjid.

Pasca bebersih masjid, makanan dan minuman pun terhidang untuk jamaah yang hadir

Terlihat ada panganan berupa gorengan, donat dan juga minuman sirop marjan tersedia.

 
Ngaso dulu

Dan di tengah waktu makan-makan tersebut tiba-tiba hadir dua anak yang bukan akamsi.

Kedua anak tersebut terlihat melongok ke dalam, dan sambil matanya terfokus ke arah makanan.

"ini lagi ada apaan pak?" tanya mereka entah nanya serius atau basa basi.

"udee, sini-sini. minum makan dulu sini. duduk.. duduk.."

Tanpa basa basi, kedua anak tersebut ikut nongkrong bareng dan sigap mengambil minuman dan makanan.

Anak pertama terlebih dahulu mengambil gelas plastik yang disediakan kemudian menyiduk sebaskom sirop yang tersedia. Anak kedua mengikuti.

Lagaknya begitu supel, rada tengil, tapi supel.

Sehabis ngambil minum, mereka berdua duduk di tangga halaman masjid.

we dont talk anymore.. we dont talk anymore.. we dont talk anymore.. like we used to be

terdengar lagu Charlie Puth dari kantong anak tersebut.

Ternyata dia membawa sebuah hape yang tercolok ke power bank, terselip di kantong dia yang kecil.

"Buset lu, udah megang hape aja. waktu usia lo dulu kagak ada gw gitu gituan" ujar seorang remaja masjid yang ikutan kaget ngeliat bocah bukan akamsi tersebut bawa-bawa hape.

"Heh, kecilin! di mesjid. setel sholawatan aja" tegur saya ke bocah tersebut. Dia nurut.

"Emang lu ngerti bahasa inggirs?"

"Ngerti pak.. nih denger pak" sambil dia mendendangkan broken english yang liriknya sepenangkep dia aja.

Ketika ditanya, namanya siapa, dia jawab "Bintang", yang satunya bernama Nizam. "kagak, namanya Nijam, make J pak", sanggah Bintang yang nggak ikutan punya nama.

Al, Umar, Bintang, Nizam
Ngobrol ngalor ngidul, Bintang pun bercerita, kebetulan lewat depan masjid ash shidiq karena lagi off.

Het dah, off apaan. Gaya bener bahasa nih anak.

"Emang lu biasanya kemana ni hari"

"Jalan-jalan pak?"

"asik bener lu jalan-jalan, emang udah kemana aja lu"

Dan dia pun tampak semakin antusias melanjutkan ceritanya "ke Ancol pak. seru deh. waktu itu ke sana waktu saudara dari sumatera dateng. kita naik bis, gratis. pake itu.. apa tu.. mm.. yah, intinya abis itu saya balikin lagi itunya. di sono seru deh"

"emang ngapain di sana?" tanya saya

"dagang donat. saya ke sana sambil dagang donat"

Lah, sekarang malah saya yang kaget. kirain jalan gimana ngapain gitu, ternyata dia jalan-jalan sambil dagang

"Emangnya elu jualan donat?"

"tiap hari pak, bawa sebaskom, untungnya gede"

"Elu sekolah?"

"Iya pak kelas 4 SD"

"Dagang donat di sekolah?"

"Iya pak, bawa sebaskom donat pak. saya selempangin"

Dia mengaku untungnya bisa 100.000 sehari.

Walaupun saya ragu itu untung atau omset, tapi tetap saja itu uang yang besar buat bocah kelas 4 SD.

"Ini nih pak, saya patungan ama dia, setengah-setengah, beli ini" ujar Bintang.

Tangannya menunjuk ke android merek Advan yang menurut pengakuannya dia beli seharga 500.000


Hape Advan nya Bintang

 "Beli make duit lo sendiri"

"Iya pak, patungan ama dia"

"Beli dimana mang?" Ujarku sambil merasa was was, jangan-jangan tongkrongan dia nyari hape sama kaya saya lagi.

"Di jembatan item jatinegara, pak" .... sue' itu tongkrongan gw juga. Dan ternyata kami sejenis.

Cuma beda lapak. Dia ngeliat lapak elektronik, saya ngeliat lapak fashion dan household item di pasar loak.

Setelah kenyang, Bintang dan Nizam pun pamit pulang. Sambil menboyong sejumlah gorengan.

Saya sendiri masih nungguin masjid sampai beberapa jamaah yang masih bersih-bersih, menyelesaikan amal baktinya.

Namun cerita Bintang yang dapat membeli barang sendiri dari hasil dagang donat itu mengingatkan saya pada sejumlah anak UI yang juga bertahan hidup dari uang hasil dagang donat.

Mereka gak malu buat dagang, meskipun danganannya "hanya" donat.

Toh dagang itu halal. Pekerjaannya halal, yang didagangin barang halal, insyaallah hasilnya halal.

Hape advan Bintang, yang layarnya udah retak-retak, jauh lebih berkah daripada jam tangan mewah milik sejumlah pejabat, yang mendapatkannya dari uang, so called, ghonimah.

1 komentar: